Saturday, October 27, 2012

Menanggapi komentar dari salah seorang blogger yang kebetulan juga temen saya di sekolah. Yang menanyakan trik komputer, akhirnya saya postingkan saja di sini. Komputer akan terasa berat jika memory atau ram kecil. Sehingga akan menghambat kinerja dan performa pc. Untuk mengatasi hal ini, ada baiknya untuk menambah kapasitas RAM. Karena RAM ini sendiri berfungsi untuk menyimpan aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan pada pc. Semakin banyak aplikasi yang kita instal, maka semakin besar RAM yang dibutuhkan.
Namun permasalahannya kadang-kadang RAM baru sudah terpasang, tetapi tidak terdeteksi oleh pc sehingga pc masih tetep lemot. Ada baiknya kita cek dulu RAM baru yg kita pasang apakah kompatibel dengan Mother Board PC. Jika kita menambah RAM, samakan spesifikasi dan merek atau tipe dengan RAM lama. Karena RAM ini sangat penting, maka pilihlah RAM yang sesuai dengan PC.
mengatasi masalah ram
Permasalahan lain yang sering terjadi diantaranya :
  • Menambah RAM Tapi Tidak Terdeteksi.



  • Cara Mengatasinya :
    Lakukan pengecekan seperti ketika kasus sebelumnya. Pastikan slot yang dipakai sesuai, misalnya : SD RAM memiliki slot yang hampir sama dengan RD RAM tetapi RD RAM, tidak bisa terdeteksi meskipun bisa dipasang pada slot jenis SD RAM. Pastikan RAM terpasang dan terkunci dengan benar. Bersihkan debu dari slot dengan cara ditiup atau dibersihkan dengan kuas. Pindahkan RAM pada slot yang lain.
  • Setelah Menambah RAM Proses Komputer Menjadi Semakin Lambat



  • Cara Mengatasinya :
    Perhatikan batas kapasitas RAM anda, misalnya RAM jenis EDO batas maksimalnya adalah 64MB, maka ketika dipaksakan untuk ditambah maka komputer anda menjadi semakin lambat.
    Baiklah cukup sekian trik kali ini, semoga bermanfaat.

    0 comments :

    Post a Comment